Cara Modifikasi Vespa Menjadi Sepeda Balap

Modifikasi Vespa

Cara Modifikasi Vespa Menjadi Sepeda Balap. Selain digunakan sebagai alat transportasi harian, Vespa juga dapat digunakan sebagai kendaraan balap. Bahkan di Indonesia, ada komunitas penggemar skuter dari Italia yang ditujukan untuk balap atau balap, yang disebut VBI (Indonesian Vespa Race). Untuk manfaat dari modifikasi silahkan lihat di modifikasi motor.

Tetapi sebelum dikerahkan untuk lomba, Vespa harus dimodifikasi terlebih dahulu agar sesuai dengan kebutuhan lomba. Modifikasi Vespa untuk balapan ini kemudian lebih dikenal sebagai Vespa Racing.

Pada dasarnya, setiap Vespa dapat dimodifikasi menjadi Vespa Racing. Namun sebagian besar, varian yang dibuat oleh skuter Piaggio yang dimodifikasi menjadi Vespa Racing adalah Vespa Excel, Super Vespa, Vespa PS, dan Vespa PX.

The Vespa PX sendiri adalah salah satu varian yang cukup terkenal di Indonesia. Pertama kali diluncurkan pada 1997 di Milan, skuter ini hadir dengan mesin berkapasitas 125cc. Kemudian, model P 150 X muncul mengusung mesin 150cc, diikuti oleh varian PX 200E dengan mesin 200cc.

Karena mengusung mesin dengan kapasitas yang cukup besar, Vespa PX memang sangat cocok sebagai model kendaraan balap. Namun sebelumnya, ada beberapa bagian yang perlu dirombak agar skutik ini sesuai dengan fungsinya sebagai kendaraan yang melaju.

Di bagian tubuh, secara umum langkah-langkah (pijakan kaki) dipindahkan ke belakang, seperti sepeda motor underbone. Sementara itu, setang kemudi sedikit ditekuk ke belakang, lalu membuka lampu depan Vespa. Jika Anda ingin lebih keren, ganti stang dengan stang milik Vespa Excel.

Ubah ukuran karburator menjadi 24:24. Tujuannya adalah untuk membuat napas PX Vespa lebih lama. Biasanya, para modifikator menanam karburator Yamaha RX King yang memiliki diameter 60 mm ke dalam ruang silinder. Kapasitas mesin Vespa PX yang semula 149cc dengan bore x stroke 57,8 mm x 57 mm juga diikuti hingga 161cc. Energi yang dihasilkan akan meningkat.

Bagaimana Cara Modifikasi Vespa?

Baca Juga :  Spesifikasi Lengkap Motor Binter dan Harganya

Agar aliran bahan bakar lebih sempurna, lubang pembuangan dan lubang transfer disesuaikan. Ketinggian lubang knalpot dibuat 35 mm dari bibir atas silinder. Sementara itu, lubang transfer sedikit terangkat.

Sedangkan untuk penyemprot bahan bakar, bisa menggunakan karburator Keihin PWL 26 mm milik Kawasaki Ninja 150. Ukuran jet pilot dan jet utama dibiarkan standar, tetapi lubang itu harus dinaikkan menggunakan kawat.

Sedangkan untuk sektor kaki, Anda bisa menggunakan monoshock milik KLX 150 Kawasaki yang dimodifikasi. Suspensi ini diklaim lebih tenang saat melibas tikungan.

Ubah ukuran carbulator menjadi ukuran 24:24 sehingga sepeda motor Vespa menjadi panjang, biasanya sulit ditemukan karena dimiliki oleh Excel dan PX Spartan vespa yang merupakan 200CC, tetapi dengan ukuran carbulator 20:20 itu cukup kencang dengan nafas panjang.

  • Buat stang Vespa membungkuk sedikit ke belakang, lalu buka lampu Vespa. jika Anda ingin lebih ganteng, mengganti stang ke stang Vespa excel agar terlihat lebih garang.
  • Ganti rem ke dalam underbond, seperti sepeda motor balap pada umumnya, ini akan membuat kenyamanan tersendiri saat balapan dan membungkuk di arena arena.
  • Gunakan DRC atau Sito Muffler untuk melepaskannya. karena pembuangan dari Vespa juga sangat berpengaruh pada kecepatan vespa auto exhaust.
  • Gunakan PS atau Super Vespa Pork, tetapi saya sarankan Pork PS karena lebih stabil dalam melakukan trek lurus dan tikungan.
  • Ganti kopling standar menjadi kopling balap, dengan campas 4 dan kolpling 7
  • Melukis menurut saya tidak terlalu penting, tapi terserah Anda.
  • Jika perlu, ganti carvarator vespa Anda dengan ninja carbulator atau RX King
  • Oversers Seher lebih besar.

Demikian adalah cara untuk modifikasi vespa menjadi motor balap yang dapat di gunakan dalam ajang balap. Semoga menjadi refrensi bagi anda.