Ulasan Seputar Motor Honda Tiger Lama

Honda Tiger

Para pria yang sudah berusia dewasa di era tahun 90an pasti mengenal Honda Tiger sebagai motor pria yang paling populer di era tersebut. seri Tiger dari Honda atau yang biasa disebut sebagai Tiger 2000 adalah motor pria dengan mesin 4 tak pertama yang langsung menjadi pilihan paling favorit menggantikan motor pria 2 tak yang kala itu lebih dahulu beredar. Tiger 2000 pertama kali diproduksi tahun 1993 dan malang melintang di tanah air selama 20 tahun dengan berbagai seri modifikasinya. Saat itu Tiger 2000 sudah dikatakan sebagai motor paling keren dan bergengsi untuk para pria maskulin karena memiliki body besar seperti moge.

Sebagai motor pria, Tiger 2000 sudah memenuhi spesifikasi yang diinginkan diantaranya mesin berkekuatan 200cc yang diadaptasi dari mesin Honda GL dengan penambahan kapasitas, lampu depan yang besar dengan bentuk bulat, lampu belakang dengan satu bohlam, behel kanan kiri dengan logo Tiger 2000 dan body yang besar namun cukup ramping untuk digunakan di jalan raya. Semua kelebihan tersebut membuat Tiger Lama menjadi motor paling mahal di era 90an.

Bagi Anda yang ingin mengenang masa lalu bersama Tiger, berikut ini adalah review seputar seri-seri Tiger yang diproduksi Honda dari awal tahun produksinya hingga terakhir:

  • Tahun 1997.

Tahun 1997 Tiger memberi modifikasi pada penggunaan emblem timbul di bagian samping tangki bensin. Sedangkan untuk bagian headlamp dan lampu sign memiliki warna chorme yang lebih tajam. Untuk bagian roda, tahun 1997 Tiger masih menggunakan velg jari yang kemudian dimodifikasi di tahun berikutnya dengan penggunaan velg racing berpalang 6. Pilihan warnanya kala itu adalah hijau gelap, merah maroon, biru keunguan dan kuning dalam edisi yang terbatas. Warna apakah Tiger 2000 Anda?

  • Tahun 2003.

Setelah modifikasi terakhir tahun 1998 yang memberikan velg racing berdiameter 18 inchi, modifikasi berikutnya terjadi pada tahun 2003. Tahun ini lampu Tiger 2000 sudah mulai dibuat dengan menggunakan dua buah bohlam reflektor yang dipasang sejajar. Untuk headlampnya sudah menggunakan bentuk berlian yang menjadikan cahaya lebih terang. Bagian emblem sticker juga mengalami perubahan dengan mengusung kombinasi 2 warna.

  • 2005.

Di tahun ini tak banyak modifikasi tiger lama yang dilakukan, namun terdapat pilihan untuk penggunaan bagian roda. Velg racing dibuat dengan warna blur yang terlihat lebih gagah dimana sebelumnya menggunakan warna silver mengkilat.

  • Tiger 2006.

Perombakan cukup besar terjadi pada tahun ini dimana Honda mengubah Tiger 2006 menjadi sebuah motor dengan body yang lebih besar. Namanya pun sudah bukan Tiger 2000 lagi namun diubah menjadi Tiger Revolution Cruiser. Menambah volume sayap kiri dan kanan, mengubah reflector lampu belakang, penggunaan velg racing plang 3, rem disc brake untuk rem belakang dan penggunaan knalpot muffler anti panas menjadi beberapa modifikasinya.

Baca Juga :  Spesifikasi Lengkap Motor Binter dan Harganya

Tiger berhenti diproduksi tahun 2012 dengan bentuk akhir berupa sebuah motor pria yang memiliki body modern, ramping namun kuat. Kini Honda lebih fokus pada motor 150 cc dan motor matic yang lebih diminati masyarakat. Namun bukan berarti pesona motor Tiger telah hilang karena masih banyak Tiger yang diperjualbelikan di pasaran second dan tetap memiliki penggemar.