Spesifikasi Lengkap Motor Binter dan Harganya

Motor Binter

Jangan membicarakan motor Kawasaki ninja yang popular di kalangan masyarakat jika anda belum mengenal Kawasaki binter merzy bersaudara ini. Bahkan Binter Merzy dahulu pernah menjadi barometer motor sport dan touring di Indonesia karena terkenal dengan kenyamanannya. Dan tidak sedikit pula yang memodifikasikannya dengan tampilan ala-ala motor Cruiser Harley Davidson.

Sebuah pabrikan automotif asal jepang bekerjasama dengan perusahaan local yang merupakan milik Edi Tansil PT Bintang Terang yang kemudian disingkat menjadi binter pada setiap produknya. Merek binter merupakan merek motor Indonesia yang memiliki mesin Kawasaki. Bukan hanya di Indonesia, Kawasaki memakai merek local di berbagai Negara seperti Malaysia yang memakai nama Modenas yang merupakan singkatan dari Motosikal dan Enjin Nasional. Di India Kawasaki juga memakai nama Bajaj untuk mengembangkan dan menjyual motorsport batangannya.

Sayangnya PT. Bintang Terang tidak beroperasi dalam waktu yang lama karena pada tahun 1985 perusahaan itu mengalami kebangkrutan. Kemudian di tahun 1996 kawasaki hadir lagi di tanah air dengan nama PT. Kawasaki Motor Indonesia (KMI).

Motor binter adalah motor yang memiliki nama dari merk local Indonesia yang berasal dari sepeda motor Kawasaki atau berasal dari Jepang. Nama BInter ini sendiri adalah kepanjangan dari kata “Bintang Terang”, yakni nama perusahaan distributor sepeda motor. Merek ini terakhir digunakan pada tahun 1984-1985 ketika Kawasaki binter di Indonesia menutup usahanya.

Pada tahun 1996, Kawasaki sepeda motor ini membuka kembali usahanya menggunakan merek binter. Sejak tahun 1980 indonesia memproduksi Binter Merzy KZ 200 secara missal. Dalam masa produksinya ada satu kali perubahan model motor di tahun akhir dari model sebelumnya.dan model kali ini menjadikan motor Bintar Merzy KZ 200 lebih sporty atau New Tank.

Baca Juga :  Geram dengan adanya Jadwal Ganjil Genap? Ini dia alasannya

Pada masanya Binter Mery ini menjadi favorit para pengguna motor untuk kreasi dan modifikasinya menjadi bentuk motor yan chopper ala Harley Davidson dan sampai saat ini model ini masih banyak saja penggemarnya.

Motor Binter

Binter Merzy diproduksi dengan pengapian platina sampai tahun 1982. Lalu yang kedua adalah Binter Merzy dengan pengapian CDI mulai tahun 1983. Dengan pegapian ini Binter Merzy sudah menggunakan starter tangan, rem cakram depan dan sistem kelistrikan DC 12 volt sampai lampu depan yang lebih stabil dengan adanya tombol lampu dim yang efektif.

Motor ini terlihat sangat klasik dan kentaldengan nuansa kharismatik yang ada di era 80 an silam. Maka tidak heran jika masih saja banyak yang menggemari

Bukan hanya motor touring dan sport, binter juga bermain di segmen motor trail dengan adanya binter KE 125 pada 1981. Sepeda motor ini dibekali mesin 125 cc 2-tak dengan suspense depan dan belakang yang panjangnya menambah kuat dan terkesan gagah. Pada type ini binter telah memiliki tangki yang lebih modern dengan istilah desain volcano dan didesain langsung oleh Kawasaki Jepang.

Binter merzy merupakan motor yang hadir dengan kondisi motor yang sangat nyaman dan stabil saat digunakan untuk perjalanan jarak jauh. Walaupun motor ini suda tidak diproduksi lagi, namun motor ini tetap eksis bagi penggemarnya, sehingga motor ini tetap menjadi motor yang melegenda sehingga motor ini memiliki sebutan The Trully Legend.

Itulah tadi review mengenai motor BInter merzy yang saat ini sudah jarang dijumpai di sekitar kita. Namun mungkin saja diluar sana masih banyak yang membuka komunitas binter dengan berbagai binter sebagai koleksi mereka.

Baca Juga :  Daftar Mobil Honda Keluaran Terbaru