Berbagai Tipe Motor Jupiter dan Spesifikasinya

Motor Jupiter

Yamaha Indonesia Motor Manufacturing meluncurkan produk sepeda motor yang mengisi segmentasi moped andalan mereka yakni Yamaha Jupiter Z1. Produk terbaru Yamaha ini merupakan pembaharuan dari Yamaha Jupiter Z1 pada generasi sebelumnyayang dirilis pada tanggal 21 Januari 2015.

Motor Jupiter Z1 merupakan motorbebek sport  injeksi yang merupakan motor pendominasi dan pemenang di kejuaraan balap nasional pada Indoprix 2013 yang menawarkan perubahan maksimal, baik secara tampilan maupun performanya.

Jupiter diambil dari nama Jupiter yang merupakan nama dari salah satu planet. Jupiter berinovasi dengan membubuhkan huruf Z karena merupakan alphabet terakhir dan dapat diartikan sebagai Jupiter dan yang paling kencang kelasnya.

Tipe-Tipe Motor Jupiter

Dengan adanya motor Jupiter ini Yamaha tidak berhenti berinovasi dan tetap menggunakan Z sebagau penguat citranya melainkan Yamaha terus membubuhkan inovasi pada bebek ini. Lantas seperti apakah perkembangan motor Jupiter? Berikut penjelasannya:

·        New Jupiter Z

New Jupiter Z merupakan motor yang beredar mulai tahun 2010-2012 sebagai generasi ke empat. Yamaha Jupiter Z ini mengadopsi dari teknologi balap dengan menggunakan frame dari Yamaha R1 sebelumnya. Dan Jupiter Z ini muncul dengan mesin 115 yang merupakan desain mesin baru dari Yamaha. Perbedaan Jupiter Z dan New Jupiter Z ada pada tiga konsep yang cukup mencolok.

Pertama dimulai dari desain di bodynya yang berbasis R1 dan R6 sehingga tampak lebih gagah, kokoh dan seimbang. Lalu yang kedua ada pada desain di area speedometer yang futuristic. Kemudian yang ketiga ada pada desain emsin yang berubah dari 110cc menjadi 115cc.

Kemudian Yamaha mengganti mesin Jupiter Z dengan mesin baru yang memiliki segala kelebihan mulai dari desain lampu yang lebih sporty dan dengan tambahan tampilan flasher light yang membuat motor ini lebih mirip dengan Jupiter MX, desain speedometer yang menggunakan LED dan bentuk lampu belakang yang meruncing dan masih banyak kelebihan lainnya.

Baca Juga :  Cara Membedakan Knalpot Leovince Asli dan Palsu Serta Harganya

·        Jupiter Z1

Jupiter Z1 ini merupakan motor yang mulai beredar dari tahun 2012 hingga sekarang dan sebagai generasi kelima. Disini sudah terlihat dengan jelas bahwa Yamaha tidak ingin tertinggal jauh sehingga hadirlah Jupiter Z1 dengan berbagai inovasi barunya yang meliputi:

  • Fuel injection

Menggunakan teknologi injeksi terbaru yang tidak hanya membuat performanya menjadi tinggi namun bisa membuat motor ini menjadi irit bahan bakar.

  • Diamond Shaped Speedometer

Desain speedometer ini memiliki desain yang keren dan modern.

  • Forged Piston

Membuat motor ini menjadi berforma tinggi dan menajdi semakin cepat.

  • Sporty

Motor Jupiter

Berwarna pelek dan membuat motor ini tampak sporty.

  • Arrow Shaped Tail Light

Didesain pada bagian belakangnya dengan gaya yang lancer dan mirip ikan hiu yang membuat motor ini terkesan futuristic da aerodinamis.

  • Double Head Lamp

Motor Jupiter Z1 ini dibekali dengan lampu ganda yang keren dan menghasilkan cahaya terang. Lampu ini otomatis akan menyala ketika motor ini dihidupkan.

  • Arodynamic Air

Desain yang dimiripkan dengan motoGP yang dapat membuat aliran pada mesin jadi sempurna dan tidak terlalu panas saat berkecepatan tinggi.

Lalu yang terakhir adalah motor Yamaha Jupiter Z1 ini dipersenjatai dengan mesin yang berkapasitas 113 cc, 2 valve, SOHC dan 4 langkah yang bersistem pendingin berupa cairan atau radiator yang mampu menghasilkan tenaga maksimal pada motor Jupiter Z1 dengan 7,4 kW atau pada RPM 7.750 dan torsi yang maksimum dapat mencapai hingga 9,9 Nm atau pada RPM 6.500.